Bincang-bincang BBI Lintas Generasi,

Bincang-bincang BBI Lintas Generasi: Kak Hana Si Bookstagramer

Thursday, July 06, 2017 Puji P. Rahayu 6 Comments

Aloha! 
Apa kabar semua? Bagaimana kabar kalian setelah hari raya? Semoga semakin berbahagia, ya. Baiklah. Setelah melewati berbagai macam bentuk cobaan--kemageran untuk update, akhirnya aku kembali lagi untuk feature Bincang-bincang BBI Lintas Generasi. Yeay! Dan, siapakah yang akan menjadi tamu aku kali ini? Hem, hem. Yuk, disimak.

#BincangBincangBBILintasGenerasi
Tidak bisa kita pungkiri lagi, kalau sekarang ini lagi zamannya bookstagram. Iya, memposting foto tentang buku. Nggak cuma makanan aja kok yang bisa difoto dengan cantik dan bikin ngiler yang lihat, buku juga bisa. Nah, dalam kesempatan kali ini, aku berhasil ngobrol-ngobrol cantik dengan salah satu bookstagramer yang menurut aku sih, rajin banget postingannya. Setiap hari pasti muncul deh di timeline aku. Hoho. Yap. Dia adalah...

HANA BILQISTHI

Bisa dipanggil Kak Hana :D
Sumber gambar: Instagram Kak Hana @HanaBilqisthi

Nah, mau tahu lebih lanjut soal Kak Hana? Berikut merupakan hasil ngobrol cantikku sama Kak Hana :D
Sebelumnya, aku pengin tahu deh Kak Hana sekarang sedang sibuk apa, sih? Pengin tahu kehidupan kakak yang sebenarnya *halah.
Hana sekarang bekerja sebagai staf pengelola data GCG dan KPKU di Kementerian BUMN. Selain itu, kesibukan Hana paling baca buku, posting foto di Instagram, dan menulis blog.
Sebagai sesama pecinta buku, kakak pasti punya satu atau lebih buku favorit yang membuat kakak jatuh cinta setengah mati sama membaca. Nah, share dong kak buku apakah itu? 
Buku favorit banyak tapi yang membuat jatuh cinta setengah mati sama membaca? Hmmm... Hana bingung jawabnya XD

Hana jawab buku favorit Hana aja ya.. Hehe.
  1. Pangeranku - Helvy Tiana Rosa
  2. Akira Muslim Watashi Wa - Helvy Tiana Rosa
  3. Reclaim Your Heart (Rebut Kembali Hatimu): Wawasan-Mencerahkan tentang Cinta, Duka, dan Bahagia - Yasmin Mogahed
  4. Big Little Lies - Liane Moriarty
  5. Rumah Tangga - Fahd Pahdepie
  6. Lapis-lapis keberkahan - Salim A Fillah
  7. Toto-chan Gadis Cilik di Jendela - Tetsuko Kuroyanagi
  8. The Secrets of Happy Families: Improve Your Mornings, Rethink Family Dinner, Fight Smarter, Go Out and Play, and Much More - Bruce Feiler
  9. Cahaya Abadi Muhammad SAW -  M. Fethullah Gulen
  10. Harry Potter dan Piala Api (#4) - J.K. Rowling
  11. The Defining Decade: Why Your Twenties Matter--And How to Make the Most of Them Now -Meg Jay
  12. I've Got Your Number - Sophie Kinsellla
  13. Trio Detektif

Dan masih banyak lagi
Kalau semisal kakak masuk ke dalam buku favorit kakak, Kak Hana mau jadi apa? Mengapa?
Hm...
Ai Haibara di Detektif Conan :D tapi agak ngeri juga ya tubuhnya jadi kecil dan terus mengecil XD
Jadi anggota Trio Detektif tapi kalau nambah Hana, judulnya bukan Trio lagi.. Wkwkw
Jadi siswa di Hogwarts :D
Ada banyak :D
Beralih ke dunia blogging. Sejak kapan Kak Hana aktif di dunia blog? 
Hana ngeblog dari tahun 2008 karena terinspirasi Raditya Dika. Pertama kali buat blog namanya Corat-coret Shirin Otaku dan urlnya juga shirinotaku.blogspot.com. Isinya cerpen dan diary, kemudian 3 Mei 2015 lalu namanya berubah lagi jadi The Luckiest dengan url hanabilqisthi.blogspot.com

Kalau jadi blogger buku, mulai Oktober 2015. Hana tertarik jadi blogger buku setelah melihat blog Ayu di Dunia dalam buku, blog Sulis Peri Hutan di Kubikel Romance dan blog Stefanie di The Bookie Looker. Melihat mereka membuat Hana berpikir bahwa menjadi blogger buku menyenangkan dan ternyata memang benar! Hana jadi berkenalan dengan banyak kutu buku lainnya dan kadang-kadang mendapat buku gratis dari penerbit.

Wah, aku lihat Kak Hana juga sudah mulai merambah dunia bookstagram, nih. Adakah tips dan trik untuk bookstagrammer pemula, kak?
Mulai dengan buku, kamera dan peralatan yang kamu punya dan jangan lupa tambahlan hashtag #Bookstagram saat posting foto buku di Instagram dan tag author serta penerbitnya (jika penulis dan penerbitnya memiliki akun instagram juga).  Kenalan lah dengan bookstagram yang lain (like dan comment) dan ikutan challenge bookstagram (bisa cek akun @bookstagramchallenges).

Instagram Kak Hana. Hampir semua postingannya berbau buku looh.
Pengalamanku sih bisa dapat like lebih banyak jika foto buku yang populer/hype, foto tumpukan buku, foto lemari buku dan foto diri sendiri dengan buku. Tips lain bisa baca:

Tips di atas banyak yang agak bertentangan satu sama lain karena yg berhasil buat seseorang belum tentu berhasil bagi orang lain. Jadi saran Hana sih coba semua yang menurutmu nyaman untuk dicoba sambil cari tahu cara apa yang cocok untuk diterapkan dengan kondisi diri sendiri.
Siapa sih bookstagrammer favorit kakak, dan kenapa?
Cait @paperfury, Emily  @emilyjmead, dan Kelly @divabooknerd karena mereka yang membuat Hana berkenalan dengan bookstagram. Setelah kenal bookstagram, ada banyak favorit Hana, salah satunya Celeste @prettygeekery karena foto-fotonya simple dan cantik https://hanabilqisthi.wordpress.com/2017/04/29/celeste-prettygeekery/

Terus, sepertinya aku sering sekali melihat pernak-pernik Harry Potter di akun, kak. Nah, coba Kak Hana promosikan #RaveclawPride kakak di sini. Hoho. *me as Slytherin student want to know. Lol.
Pernak pernik Harry Potter kakak:
  • Mug ravenclaw aja kok beli di tees.co.id/stores/stellaarts
  • Funko Luna Lovegood beli di blibli.com
  • Beberapa bookmark Harry Potter (ini ada yang hasil print sendiri setelah mencari free bookmark di google dan ada juga yang beli)
Terakhir, boleh dong kak sebutin lima fakta unik tentang kakak yang semua orang harus tahu. Hoho..Hana alergi minuman dingin jadi sering pesan minuman hangat
  • Hana alergi minuman dingin jadi sering pesan minuman hangat
  • Hana baca buku apa saja mulai dari komik, novel, non fiction tapi genre favorit itu contemporary romance dan genre yang paling dihindari horor
  • Warna favorit Hana itu pink dan biru
  • Hana menganggap diri Hana gadis paling beruntung
  • Hana itu Citong (cina sepotong). Ayah Hana Tionghoa dan Ibu Hana Sunda. 
***

Nah, demikianlah hasil obrolanku bareng kakak cantik yang satu ini. Intinya sih, kalau memang kalian pengin jadi bookstagramer, coba deh cari-cari referensi dari bookstagramer favorit kalian. Setelah itu, temukan bagaimana sih ciri kalian sendiri. Hoho. *sok bijak. Jangan lupa pula untuk mengikuti aturan dasar dalam menjadi bookstagrammer--aturan dasar apa sih, Puj? Haha. Yaaa, tips yang di-share Kak Hana di atas lah...

Horay! Sudah sampai di penghujung tulisan. Kira-kira, siapa ya yang akan kuajakin ngobrol di kesempatan selanjutnya? Sila ditunggu saja, wankawan :D

Sincerely,

Puji P. Rahayu

You Might Also Like

6 comments:

  1. Yeah makasih ya udah mau wawancara Hana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Kak Hana :D
      Semoga nggak kapok habis aku recokin. Hoho.

      Delete
  2. Wah, ada wawancara dengan kak Hana Bilqisthi di sini!
    Dia jadi salah satu bookstagram favorit aku juga. Pernah juga menang GA yg dibuat kak Hana Ramadhan tahun lalu :D

    Kalau boleh aku tambahin pertanyaannya kak Puji, apa dan gimana cara, kiat, trik, tips kak Hana bikin review buku. Soalnya aku mentok mulu niy kalau bikin review, dan malah jadi kena reading slump ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, hai :D
      Wah, beruntung ya kamu bisa menang GA yang dibuat sama Kak Hana. Selamat :D

      Ehh, meski bukan aku yang ditanya, ku mau jawab dong. Baca sesantainya kamu aja. Nanti baru dibuat resensinya. Jadi diri sendiri aja :)

      Delete
  3. wah pengin banget jadi seperti kak hana bookstagram.
    tapi sayangnya aku belum bisa menguasai itu . untuk masalah jdi blogger jujur aku masih bingung.
    boleh gak sih kasih tips agar tulisan kita di blogger bisa menarik pembaca yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haihai, Melati
      Mungkin bisa dicoba latihan dulu kali, ya :D Pasti butuh proses kok jadi seperti Kak Hana. *aku pun juga belum bisa.

      Kalau tips soal menulis, heem. Mungkin nanti aku bisa buat. Mungkin. Ditunggu saja.

      Delete