Aoyama Gosho,

Detektif Conan Volume 78 by Aoyama Gosho | Manga Review

Sunday, May 01, 2016 Puji P. Rahayu 0 Comments

Detektif Conan Volume 78
"Apanya yang impas? Ini artinya kau berhutang padaku, Bocah Detektif."-- Kaito Kid.

By Gosho Aoyama

4 for 5 stars

Source: here
Penerjemah        : M.
Editor                 : Binarti
Jumlah halaman : 184 halaman
Tahun terbit        :  2014
Penerbit              : Elex Media Komputindo
Harga                  : Rp18.000,- di TM Book Store, Depok Town Square.


Sosok Ai yang berubah kembali menjadi dewasa karena meminum obat penawar, ternyata tertangkap oleh kamera!


Conan, Ai, Bourbon dan anggota organisasi berbaju hitam yang lain mempertaruhkan segala daya dan upaya untuk menuju pemberhentian terakhir, yaitu kebenaran!

Temukan kasus pembunuhan di atas kereta bell-tree express yang membawa kehebohan di seluruh negeri, ditambah dengan kasus menghilangnya kunci ruang tertutup dan awal dari kasus Blush Mermaid! 

***
Volume ini memunculkan banyak tokoh, Yeay. Yap. Di volume kali ini, Aoyama Gosho telah memunculkan beberapa tokoh penting dari awal cerita sampai akhir cerita, Hemm. Sebenernya, di volume kali ini hanya ada dua kasus lengkap dan satu pengantar kasus.

Kasus yang pertama mengenai pembunuhan di atas kereta bell-tree express. Sebuah kereta uap misteri. Di dalam kereta tersebut, setiap penumpang mendapat kompartemen masing-masing. Lalu, keunikan dari kereta ini adalah adanya permainan misteri yang diadakan oleh pihak kereta. Dalam kasus kali ini, banyak sekali tokoh yang muncul, ada Gin, Vodka, Vermouth, Subaru Okiya, Masumi Sera, Toru Amuro, Scar Akai, Yukiko Kudo, dan Kaito Kid. Pada volume 77, wujud Ai terekam dalam video. Otomatis, Gin dan para anggota organisasi hitam berusaha untuk melenyapkan nyawa Ai. Dengan berbagai macam taktik yang telah disiapkan oleh Conan, nyawa Ai akhirnya terselamatkan. Akan tetapi, dalam kasus ini terungkap bahwa Toru Amuro adalah Bourbon.

Kasus kedua yang diangkat adalah mengenai pembunuhan di ruang tertutup yang terjadi setelah kepala Conan kejatuhan raket tenis saat latihan. Pada saat kasus ini terjadi, ternyata Amuro berani muncul di hadapan Conan. Padahal, ia sudah mengakui bahwa dirinya adalah Bourbon.

Kasus ketiga membahas tentang awal mula kasus pencurian yang akan dilakukan Kaito Kid. Mungkin karena frustrasi rencana Kid gagal di kasus sebelumnya, makanya Kid pun berencana untuk mengambil permata yang tertanam di cangkang kura-kura, Blush Mermaid.

Dari ketiga kasus yang disajikan, tentu saja aku suka kasus Bell Tree Express. Kasus ini begitu detail dan cukup membuatku menduga-duga bagaimana cara Ai bisa lolos dari kepungan anggota organisasi hitam. Lalu, di sini juga banyak rahasia yang terukap. Aku jadi suka bacanya. Kalau kasus yang nggak begitu aku sukai itu kasus kedua. Meskipun terlihat jelas bahwa Amuro menaruh kecurigaan pada Conan, tapi penjelasan kasusnya belibet dan kurang seru.

Selain cerita, kaver yang ditampilkan dalam volume 78 ini cukup unik. Conan yang memakai seragam petugas kereta api dan juga gambar dari kereta api uap itu sendiri. Menurutku bagus sih, tapi warnanya terlalu nyaru. Akhirnya malah nggak kelihatan. Keyholenya Scar Akai. Beneran Akai bukan, ya? Yuklah dibaca komik yang satu ini.
Source: here, edited by me.
Aku puas membaca volume 78 ini. Selain fakta bahwa banyak rahasia yang terkuak, aku suka karena Kid banyak munculnya di sini. Uh-oh. Kid merupakan salah satu karakter favoritku di Detektif Conan. Sebagai seorang pencuri, Kid itu cerdik. Aku nggak bisa membayangkan sih kalau Kid berhasil ditangkap oleh Conan. Hoho.

--
Depok, 1 Mei 2016

You Might Also Like

0 comments: